19 Mei 2008

[Mobilisasi] UPDATES-Pra kondisi nasional FPN Jelang 21 Mei

Persiapan Mobilisasi jaringan Front Pembebasan Nasional (FPN) di berbagai daerah, menuju aksi serentak nasional 21 Mei 2008.

1. Samarinda, Kalimantan Timur

Barisan Rakyat Tolak Kenaikan Harga BBM melakukan mobilisasi hari ini, Senin, 19 Mei 2008, dengan partisipasi massa 800 orang. Hingga berita ini diturunkan, massa masih melakukan panggung rakyat di depan Walikota, dan kemudian akan melanjutkan aksi ke depan Poltabes Samarinda, untuk menuntut agar Kepolisian segera mengusut tuntas tindakan intimidasi dan teror terhadap aktivis KPRM Balikpapan pada dinihari 17 Mei 2008.
Humas Aksi: Wendi 0856-52208434

2. Ternate, Maluku Utara

Sudah terbentuk Front Pembebasan Nasional (FPN) Ternate, Maluku Utara, yang terkonsolidasi di 6 kelurahan, yang digalang oleh Barisan Pemuda Rakyat (BPR).
Hari ini, pukul 15:00 WIT, akan diselenggarakan suatu konsolidasi mahasiswa dengan targetan perluasan aksi 21 Mei, termasuk mengkonsolidasikan kelompok-kelompok Kaum Miskin Kota (KMK), lewat aksi rally pada tanggal 21 pukul 11, yang akan berfungsi sebagai dinamisator lapangan untuk membantu pergerakan massa yang berada di depan DPRD. Siang hari ini, elemen-elemen FPN Maluku utara akan bertemu dengan para pekerja Serikat Pekerja Angkasa Pura. (SP-Angkasa Pura).

Untuk wilayah Ambon, hari ini juga sedang digalang konsolidasi perluasan dukungan, untuk melakukan aksi bersama pada tanggal 21 nanti. (dd, wn)

3. Surabaya, Jawa Timur

Siang ini di Surabaya, pukul 13:00 WIB, Front Pembebasan Nasional (FPN) menyelenggarakan seminar Hari Kebangkitan Nasional, sebagai tahapan beserta cek akhir persiapan aksi 21 Mei. Sebelumnya, pukul 10:00 WIB, FNPBI-PRM, SBTK PT. Dinasti Mas Prima, melakukan aksi pengaduan hak normatif dan PHK massal ke Disnaker.

4. Jogjakarta

Posko Pengaduan Rakyat Komite Rakyat Bersatu (Posko KRB), dimulai hari ini menggelar aksi selebaran dan mimbar bebas di depan posko, yang terletak di Jl. Abubakar Ali,
Kodya Jogjakarta. Posko dibuka pukul 09:30 WIB, bekerja sama dengan BEM Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi Stipsy, juga melakukan aktivitas konseling di Posko kepada masyarakat yang melakukan pengaduan. banyak warga yang berkumpul di sekitar Posko, termasuk para pengamen jalanan dan tukang becak. Mereka berkumpul sambil mendengarkan orasi. Posko akan buka 24 jam, dan malam nanti akan diselenggarakan diskusi terbuka. Esok hari, tgl 20 Mei, Posko akan menggelar diskusi terbuka Kenaikan Harga BBM serta konseling. (es, nk)

Di Kab. Bantul, Jogjakarta, aksi Forum Komunikasi Masyarakat Kampus/FKMK. terdiri dari anggota-anggota KRB di tingkat basis kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yakni SMI, SEKBER, BEM HUKUM, dan Shopink. Aksi propaganda dilakukan di kampus dengan membuka posko pengaduan beserta pendaftaran aksi tgl 21 Mei. Mereka juga mengumpulkan tanda tangan penolakan kenaikan harga BBM, termasuk menuntut Rektorat UMY untuk mengeluarkan pernyataan sikap menolak kenaikan harga BBM. Pihak rektorat tidak bersedia. Namun demikian, pihak Dekanat Fakultas Hukum bersedia mengeluarkan pernyataan menolak kenaikan BBM.
(za)

Di Kabupaten Sleman, Jogjakarta, aksi penyebaran selebaran dilakukan oleh Persatuan Politik Rakyat Miskin (PPRM), LMND-PRM, dan KAM Atmajaya. Menyebar di titik-titik kampus dan sekitarnya, mulai dari UPN Sleman- Fakultas Hukum Atmajaya, Mrican-Sanata Dharma-Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)-Universitas Islam Negeri (UIN)-dan APMD; termasuk kampus-kampus sekitar Babarsari, seperti UPN dan Atmajaya.(yl)

Pada tanggal 21 Mei nanti, KRB akan melakukan mobilisasi mengepung Istana Gedung Agung, Jogjakarta.

5. Jakarta

Hari ini, FPN Jakarta melakukan konvoi dan penyebaran selebaran di jalur-jalur yang akan dilalui pada aksi tanggal 21 Mei mendatang.

Di kampus Institut Ilmu Sosial dan Politik, IISIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Solidaritas Mahasiswa IISIP (SM IISIP), yang terdiri dari: BPM IISIP Jakarta, HIMAJUR, HIMAHI, HIMANIA, HIMAPOL, HIMA IKLAN, UKM Merpati Putih, UKM Teknis, KAPHAC 32, FPPI, HMI, dan LMND-PRM komisariat IISIP, juga melakukan aksi pra kondisi di kampus menolak rencana kenaikan BBM. Tema aksi adalah "Lawan Penjajahan Baru dan Tolak Kenaikan BBM". Aksi dari kampus IISIP berlanjut ke SPBU Petronas dengan penyegelan SPBU tersebut. SM IISIP juga mengampanyekan solusi Nasionalisasi industri Permigas, Pajak Progressif, hapuskan Utang, Sita Harta Koruptor dan Anti Elit Politik dan Parpol Penipu Rakyat. Hingga berita ini diturunkan, aksi masih berlangsung. (sy)

Di Bekasi, persiapan mobilisasi, utamanya oleh ABM Bekasi, tetap berjalan meskipun buruh diancam untuk tidak terlibat aksi karena bertepatan dengan hari kerja. Namun sekitar 700-an massa ABM dari Bekasi (yang terbesar adalah korban PHK PT. Sinar Apparel Internasional), akan tetap melakukan mobilisasi sebagai contoh tindakan politik yang baik kepada massa buruh lain yang sedang berada dalam ancaman.

Hari ini dilakukan pembagian selebaran FPN di kawasan-kawasan industri Jababeka, Ejip, Hyunday, MM2100 oleh Serikat-serikat buruh yang tergabung dalam ABM Bekasi. Kemarin, Minggu, GSPB--anggota ABM, mengadakan rapat setting aksi, dan pada hari Sabtu, 17 Mei 2008, basis KASBI, PT. SAI melakukan pemutaran Film No Volveran dan Face Off.


6. Medan, Sumatra Utara

Sebanyak 50 orang FPN Sumatra Utara, hari ini melakukan pra kondisi di titik mobilisasi Padang Bulan (Kampus Universitas Sumatra Utara/USU dan sekitarnya). Mereka melakukan longmarch keliling kampus USU bersama para tukang becak.

1 komentar:

Mh Ubaidilah mengatakan...

Ayo, kepalkan tangan kiri!
Tinju ke udara
Tinju Pemerintahan Tak Berpihak pada Rakyat.

TERBITAN KPRM-PRD