27 Mei 2008

Kronologi penyerangan FPPI terhadap anggota rapat KRB Tgl 25 Mei 2008

Jogjakarta

Kronologi penyerangan FPPI terhadap anggota rapat KRB di secretariat bersama PPRM tanggal 25 Mei 2008

Peserta rapat:
1. Eman (PPRM)
2. Linda (KAM UAJY/ LMND PRM)
3. Niken (JNPM)
4. Mahendra (PRP)
5. Akbar (Resista)
6. Andi Bund (LMND PRM)
7. Bonar (KAM UAJY)
8. Coky (IP UMY)
9. Jam’ul Hasani (IP UMY)
10. Hasudungan (KAM UAJY/ LMND PRM)
11. Dian Novita (LMND PRM)
12. Moza (LMND PRM)
13. Adit (FPPI)
14. Fery (FPPI)
15. Desto (FPPI)
16. Patar (FPPI)

Agenda rapat: memfasilitasi komplain FPPI atas kronologi yang dikirim ke FPN
Mulai pukul 20.23 WIB:

- Adit menyatakan keberatan atas kronologi yang menyatakan bahwa FPPI secara organisasional telah melaklukan kesalahan dalam aksi.

- Kawan coky yang menjadi korban menyatakan bahwa kronologi yang ditulis itu sudah benar, bahwa dia dicekik lehernya dan diserahkan ke intel oleh patar, dan sempat ditendang dua kali oleh aparat kepolisian selama perjalanan ke kantor poltabes. Saat evaluasi tanggal 23 Mei 2008 disekretariat resista, Andi (PBHI) memberikan keterangan dari poltabes bahwa yang menyerahkan coky ke poltabes adalah massa aksinya sendiri (patar).

- Patar membantah telah menyerahkan coky ke polisi.

- Feri menyatakan keberatan kalau FPPI membuat pernyataan maaf atas kesalahan yang mereka lakukan dilapangan ketika aksi tanggal 21 mei 2008.

- Kawan dian menyatakan bahwa FPPI harus tetap membuat pernyataan minta maaf dan disebar ke seluruh kampus, media massa dan organisasi2 yang ada di jogjakarta.

- Patar membantah dan berdiri mengambil posisi akan melakukan penyerangan ke kawan dian.

- Kawan Bonar menghalangi patar dan akhirnya terjadi keributan. Ketika itu juga massa dari FPPI (sekitar 20an orang) merangseg masuk ke dalam secretariat PPRM dan menyerang, memukul anggota rapat dan merusak beberapa barang secretariat (pembatas pintu, gelas, asbak rokok, meja). Bahkan ada saksi yang mengatakan bahwa ada anggota FPPI yang membawa Badik. Kejadian ini berlangsung pukul 21.32 WIB. Adapun kawan-kawan yang menjadi korban pemukulan dan tendangan adalah; akbar, bonar, niken (juga dipegang payudaranya), andi bund, sudung, mahendra.

- Setengah jam kemudian kawan-kawan dari SMI datang (setelah mengadakan pelatihan di Parangtritis), juga kawan-kawan dari Sekolah Bersama (SEKBER) untuk berkoordinasi.
Demikian kronologi ini dibuat dengan sebenar-benarnya.


Yogyakarta, 25 Mei 2008


Eman Sulaeman
(Humas KRB)

Tidak ada komentar:

TERBITAN KPRM-PRD