20 Mei 2008

[MOBILISASI] Updates Aksi-aksi sebagian jaringan FPN di berbagai daerah

1. Sumatra Utara

Sekitar Pukul 15:00, Senin, 19 Mei 2008, Komite Aksi Persatuan Politik Rakyat Miskin (KA-PPRM), terdiri dari PPRM, JNPM, FNPBI-PRM, LMND-PRM, SRM, KD IAIN, KD PANCABUDI, SMM, melakukan mimbar bebas dan pemblokira jalan Lintas Binjai-Medan sebagai prakondisi titik mobilisasi tgl 21 menolak kenaikan BBM tanpa kompromi dan nasionalisasi Permigas di bawah kontrol rakyat. Aksi sempat diprovokasi oleh Ikatan Pemuda Karya (IPK)--organisasi reaksioner pendukung Golkar, namun bisa dikendalikan.

Sejak tanggal 17-20 Mei, FPN Sumatra Utara sudah melakukan berbagai persiapan mobilisasi. Aksi 21 besok, akan berkumpul di 5 titik menuju DPRD Sumatera Utara, pk. 10 pg. Hari ini juga ada pertemuan untuk mematangkan rencana pemogokan supir-supir angkutan umum.

Untuk persiapan titik mobilisasi tanggal 21 Mei, besok, akan dilakukan dengan metode pemblokiran jalan, yakni: (1) Padang Bulan-Simpang Pos; (2) Aksara; (3) Mandala-Sukaramai; (4) Marelan P. Brayan-Belawan; (5) Lintas Binjai-Medan (Simpang Kampung Lalang-Sei Sikambing/Gatot Subroto); (6) sutomo-Pasar sambu; (7) UMSU/Glugur dan sekitarnya; (8) Kawasan Teladan-Batas masuk kota Medan.Target aksi 21 Mei di Medan akan memaksa DPRD dan Gubernur Sumatra Utara untuk aksi bersama dan siaran langsung di stasiun TVRI untuk menolak kenaikan BBM.(il)

2. Jabotabek

Respon dari masyarakat luas terhadap rencana aksi 21 mei, cukup tinggi, baik di sekitar basis-basis FPN maupun rute-rute aksi. Hal ini terlihat ketika kawan-kawan membagikan selebaran, banyak masyarakat yang berkumpul dan berdiskusi tentang rencana aksi ini. Di beberapa titik pembagian selebaran, bahkan ada yang menyumbangkan minuman Aqua satu dus.Tak sedikit juga yang menghubungi no telp secretariat bersama FPN, maupun no kawan-kawan yang ada di selebaran.

3. Bandung, Jawa Barat

Pada hari Kamis, 15 Mei 2008, LMND PRM, Bilik Kuning, STN-PRM, GMNI, HMI, KMB, aksi di depan kampus Universitas Pasundan Lengkong, dan memblokir 3/4 jalan serta membakar ban. Untuk aksi 21 Mei, akan menggelar aksi dengan Front Kebangkitan Rakyat. Sasaran aksi adalah kantor Gubernur. Front Kebangkitan Rakyat adalah penyatuan dua front, yakni Front Pembebasan Nasional (FPN) dan Front Rakyat Bersatu (FRB). (pt)

4. Jogjakarta

Posko KRB menyelenggarakan Pentas Seni Rakyat, tgl 19 malam, pukul 20:00 WIB. Hari ini, pukul 09:30 WIB, mengadakan aksi teaterikal dan diskusi di halaman Posko. Aksi massa 21 akan melakukan pengepungan dan pendudukan Gedung Agung.(em)

5. Surabaya, Jawa Timur

Selain persiapan mobilisasi lewat distribusi selebaran dan seminar, juga aksi mogok makan, sudah berjalan 3 hari berturut-turut, Malam ini, di posko mogok makan, di depan Gedung Grahadi, Surabaya. Target mobilisasi 21 adalah 1000 orang.

6. Bima, NTB

Telah terbentuk Front Pembebasan Nasional (FPN) Bima, antara lain terdiri dari berbagai organisasi mahasiswa dan pemuda, diantaranya LMND PRM. Mahasiswa STKIP Bima diliburkan untuk mendukung mobilisasi aksi tgl 21 Mei besok.(sy)

7. Palu, Sulawesi Tengah

Front Pembebasan Nasional (FPN) Palu, terdiri dari PPRM, SMI, KOMRAD, SRMK-PRM, AMAK, SAKSI Sulteng, BEM Sekota Palu, akan melakukan aksi 21 Mei di depan kampus UNTAD, dengan sasaran DPRD Sulteng. (sy)

Front Pembebasan Nasional (FPN) Luwuk akan turun aksi 21 Mei. Organisasi yang tergabung antara lain: LMND PRM, BEM-UNIMUH, BEM UNTIKA, BPM FISIP, IMBK, PII, HMI, REPDEM. Aksi dilakukan dengan memblokir kampus UNTIKA dan UNISMU. Sasaran aksi kantor Bupati dan DPRD II.

Senin, 19 Mei 2008, LMND-PRM Luwuk melakukan aksi yang sama, dengan sasaran DPRD Luwuk.

8. Manado, Sulawesi Utara

Hari ini, 20 Mei 2008, JAKKER-PRM, melakukan aksi teaterikal di Gedung Juang, pusat kota. Aksi dimulai dari jam 10 pagi tadi, dan masih terus berlangsung hingga pukul 21:00 malam ini. Aksi diikuti oleh 11 sanggar yang bernaung di bawah KKBR. Acara antara lain: pentas teater, pembacaan puisi, pameran instalasi 3 dimensi, dan musikalisasi puisi. Massa berjulam 103 orang.

9. Gorontalo

LMND-PRM, akan menggelar aksi tanggal 21 Mei bersama PMII Cab Kota Gorontalo, PMII Kab Gorontalo, HMI MPO dan HMI DIPO, Paguyuban Mahasiswa Luwuk, Paguyuban Mahasiswa Buol, Paguyuban Mahasiswa Ternate, BEM Gorontalo, FKMG, KAMMI Gorontalo, Abang2 Bentor (becak Motor) dan Supir-supir Angkot.

10. Ternate dan Ambon, Maluku Utara

Ternate. Di empat kampung : Akehuda, Koloncu, Kulaba, Tarau, siang kemarin digelar mimbar bebas dan ajakan aksi lewat corong-corong masjid. PMII Ternate bergabung juga menyatakan diri bergabung.

Ambon. Besok, tgl 21 Mei akan digelar konferensi pers bersama menolak kenaikan BBM bersama Serikat Pekerja Angkasa Pura.

Ketika berita ini diturunkan, sudah mulai ada ancaman dan provokasi terhadap basis-basis SRMK-PRM dan LMND PRM, dengan isu PKI. Menurut informasi salah seorang anggota basis LMND PRM, ada 3 orang mahasiswa melaporkan ke Lurah setempat rencana aksi FPN Ternate. Tiga orang tersebut hampir pasti memiliki kaitan dengan pihak-pihak yang melakukan kekerasan terhadap seorang aktivis LMND PRM, pasca aksi 13 Mei lalu (memiliki kaitan dengan LMND-pro merger/hitam). Kawan-kawan FPN Ternate hingga malam ini, terus melakukan perlawanan dan klarifikasi atas provokasi tersebut, dan akan tetap melanjutkan rencana aksi esok hari.***

Tidak ada komentar:

TERBITAN KPRM-PRD