02 Juni 2008

Kronologi Aksi Front Pembebasan Nasional 1 Juni 2008

11.00 - 12.00 WIB
Sekitar 700 massa aksi Front Pembebasan Nasional (FPN) berkumpul di depan Bundaran Hotel Indonesia dan mempersiapkan barisan aksi, dipimpin oleh korlap (koordinator lapangan) aksi dengan meneriakkan yel-yel aksi: ‘Elit politik’, kemudian massa aksi menjawab: ‘Musnahkan! Rakyat berkuasa’. Korlap meneriakkan: ‘BBM naik, siapa tanggung jawab?’, massa aksi menjawab: ‘Kaum modal dan elit politik!’. Korlap meneriakkan: ‘World Bank-IMF’, massa aksi menjawab: ‘Usir lintah darat!’. Selain yel-yel, juga diselingi dengan lagu-lagu perjuangan. Spanduk utama aksi ada 2, yaitu:
1. SBY-JK dan Partai Politik Elit Telah Gagal!! Ambil Alih Industri Migas Di Bawah Kontrol Rakyat !!!
2. Usir Bank Dunia dari Indonesia,Singkirkan SBY-JK dan Partai Politik Elit Penyebab Kenaikan Harga BBM.

12.00 - 12.30 WIB
Masa aksi bergerak mengelilingi Bundaran Hotel Indonesia.

12.30 - 12.45 WIB
Front Pembebasan Nasional melakukan konvoi : 50 pegendara motor, 4 truk dan 5 metro mini, menuju kantor World Bank di Jalan Jenderal Sudirman. Sepanjang perjalanan 50 pengendara motor membunyikan klakson sebagai simbol perlawanan terhadap kebijakan pemerintah SBY-Kalla yang telah menaikkan harga BBM.

13.00 - 13.45 WIB
Panggung politik digelar di depan kantor Bank Dunia dibuka oleh Koordinator FPN, Anwar Sastro Maaruf. Dalam orasi politiknya Kawan Sastro (demikian dia biasa dipanggil) menyampaikan tentang krisis yang disebabkan oleh kebijakan ekonomi kapitalisme. Menjelaskan jalan keluar (solusi) alternatif yaitu: Menasionalisasi perusahaan-perusahaan minyak dan gas di bawah kontrol rakyat, yang hanya bisa dijalankan oleh sebuah pemerintahan alternatif yang berpihak pada rakyat miskin, bukan pemerintahan boneka penjajahan modal dan elit politik. Selain kawan Sastro, juga ketua Front Perjuangan Buruh Jabotabek (FPBJ) menyampaikan orasi politik berkaitan dengan persoalan-persoalan kaum buruh yang diakibatkan oleh kebijakan neoliberalisme.Panggung politik diakhiri dengan rencana penyegelan simbolik dilakukan dengan memajang spanduk ‘Usir Bank Dunia dari Indonesia,Singkirkan SBY-JK dan Partai Politik Elit Penyebab Kenaikan Harga BBM’, di depan masuk Bank Dunia tetapi upaya ini tidak berhasil karena dihalangi oleh puluhan polisi, walaupun kemudian polisi berhasil dipaksa untuk memegang spanduk tersebut.


13.45
Massa aksi FPN kembali melakukan konvoi menuju istana negara.

15.00
Massa aksi tiba di depan Patung Kuda Indosat, dan mengatur barisan sebelum melakukan aksi reli menuju istana negara.

15.30
Massa aksi tiba di depan Istana Negara

15.30 - 17.00
Panggung politik digelar di depan Istana Negara. Orasi pertama dibuka oleh Kawan Nining Elitos Ketua Umum Kasbi, disusul perwakilan dari Serikat Buruh Bangkit, Serikat Pekerja Perusahaan Listrik Negara, Aliansi Buruh Menggugat, Persatuan Rakyat Pekerja oleh Ken Budha Kusumandaru, Serikat Mahasiswa Indonesia, Persatuan Politik Rakyat Miskin dan perwakilan dari Organisasi Pelajar. Dalam kesempatan kali ini kawan Gregorius Budi Wardoyo menyampaikan pentingnya untuk membangun dan membesarkan Front Pembebasan Nasional sebagai sebuah wadah alternatif perlawanan rakyat terhadap pemerintahan pro kapitalisme. Penting untuk membangun FPN bukan hanya di Nasional tetapi juga sampat unit terkecil dalam struktur masyarakat. Kawan Yoyok juga menyampaikan kegagalan ekonomi kapitalisme dalam mensejehterahkan rakyat dan sosialisme merupakan jalan keluar alternatif untuk sampai pada kesejahteraan.


Selain massa aksi dari Front Pembebasan Nasional, di istana negara juga telah aksi dari Front Persatuan Rakyat (FPR) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan tuntuan Tolak Kenaikan Harga BBM.

1 komentar:

naruto onepiece mengatakan...

Kapan Indonesia mau maju lha wong pendidikan politik yang diajarkan pemerintah kurang. Rakyat cuma coblos trus ngapain? Gak tau Pasrah itu mungkin yang dilakukan. Modal kebangkitan bangsa adalah partisipasi rakyat dalam pemerintahan baik itu monitoring maupun pemilihannya.
oiya pasang widget infogue.com. Bisa nambah pengunjung lho.
kayak diblog gue:
http://www.padhepokananime.blogspot.com/
artikel anda aku submit di:
http://politik.infogue.com/kronologi_aksi_front_pembebasan_nasional_1_juni_2008

TERBITAN KPRM-PRD