03 Maret 2008

[Sikap] Kebutuhan Mendesak II

LAWAN PENJAJAHAN DENGAN: PROGRAM, PRINSIP, METODE DAN ORGANISASI POLITIK RAKYAT MISKIN!

Salam Pembebasan Nasional!
Salam Politik Rakyat Miskin!

Kebijakan Neoliberalisme yang selama ini diterapkan oleh Pemerintahan SBY-JK—dan juga rezim sebelumnya—mengakibatkan terjadinya kemerosotan kesejahteraan rakyat. Di berbagai sektor, kebijakan pencabutan subsidi pendidikan, kesehatan, BBM, Listrik, penjualan aset nasional, perdagangan bebas telah menciptakan “liang kubur” bagi penduduk di negeri ini. Tingkat pengangguran yang tinggi; kebangkrutan perusahaan; kenaikan harga kebutuhan pokok; mahalnya biaya pendidikan; penggusuran PKL dan tanah rakyat; trafficking (penjualan perempuan dan anak); busung lapar; tingginya kematian anak dan ibu merupakan kenyataan atas sesat pikirnya konsep ekonomi-politik berikut penerapannya yang digunakan. Imperialisme telah menyeret seluruh tenaga produktif (force of production) berada dalam monopoli ekonominya. Hasilnya, Imperialisme telah menciptakan dunia yang tidak adil, dimana mayoritas rakyat dimiskinkan disisi lain segelintir kapitalis meraup keuntungan atas jerih payah kaum miskin itu. Sehingga, melawan Imperialisme dan agen Imperialisme merupakan keharusan jika hendak mempertahankan kelangsungan hidup. Sebab dominasi Imperialisme telah merenggut syarat kelangsungan hidup kaum miskin yaitu alat produksi.

Perlawanan terhadap Imperialisme (Penjajahan) dan Agen Imperialisme/Penjajah (Pemerintahan SBY-JK, Sisa Ordebaru, Reformis Gadungan, Militer, Milisi Sipil Reaksioner) demi demokrasi dan kesejahteraan, memerlukan syarat-syarat pokok, yakni: Program, Prinsip dan Metode Politik Rakyat Miskin (Konsep Politik Rakyat Miskin)—yang ditunjang oleh organisasi politik rakyat miskin.

Program Politik Rakyat Miskin adalah program yang memberikan jalan keluar atas persoalan hari ini (darurat/mendesak) serta jangka panjang (Strategis) terhadap seluruh rakyat Indonesia. Misalnya program darurat antara lain; Pendidikan dan Kesehatan gratis, Perumahan murah dan Layak, Upah Layak Nasional, Pembukaan lapangan kerja, dsb. Kemudian Program Strategis antaralain; Hapuskan Utang Luar Negeri, Tarik Surat Utang Negara, Nasionalisasi Industri Pertambangan Asing, Bangun Industrialisasi (Pabrik) Nasional, serta Bentuk Pemerintahan Rakyat Miskin.

Program Politik Rakyat Miskin tersebut harus dijalankan dengan prinsip dan metode politik rakyat miskin. Prinsip dan metode politik rakyat miskin adalah panduan/arah perjuangan bagi gerakan politik rakyat miskin untuk dapat terus berjalan pada arah yang semestinya. Prinsip Politik Rakyat Miskin yang utama adalah: Non Kooperasi dan Non Kooptasi. Perjuangan rakyat miskin harus terbebaskan dari pengaruh-pengaruh agen-agen Imperialisme. Yang setiap saat mencoba untuk membelokkan arah perjuangan rakyat miskin dengan cara-cara yang halus serta terselubung. Non Kooperasi dan Non Kooptasi ini menunjukkan bagaimana rakyat belajar dan berlatih untuk menyandarkan kemampuan kolektifnya (Mandiri) untuk dapat bertahan dan melawan seluruh kebijakan dan praktek neoliberalisme. Sedangkan metode perjuangan politik rakyat miskin adalah cara agar gerakan rakyat dan rakyat dapat mewujudkan cita-cita perjuanganya: Demokrasi dan Kesejahteraan. Metode perjuangan politik rakyat miskin yang utama ialah Persatuan Mobilisasi. Dengan persatuan mobilisasi, maka, Rakyat dapat melipatgandakan kekuatannya; melipatgandakan tuntutannya; melipatgandakan keberanian perlawanannya; melipatgandakan kualitas perjuangannya sehingga tuntutan mendesak dan strategis dapat terwujud. Mobilisasi Perlawanan dengan Persatuan ini harus dirancang dengan terorganisir dan sistematis agar setiap orang yang terlibat dalam persatuan mobilisasi menyadari landasan dan konsekuensi dari mobilisasi (aksi) perlawan tersebut. Semakin banyak yang sadar maka akan semakin sedikit kesempatan agen-agen imperialisme/penjajah untuk memecahbelah perlawanan rakyat. Sudah cukup terpecah-pecah. Saatnya bersatu. Perjuangan terpecah-pecah tidak akan merubah kita dari bangsa kuli menjadi bangsa Merdeka dan Mandiri.

Program, Prinsip dan Metode Politik Rakyat Miskin ini harus dijalankan oleh organisasi politik rakyat miskin (alternatif). Organisasi politik rakyat miskin adalah organisasi yang karakteristik perjuangan, prinsip, mekanisme, dan unsur-unsur didalamnya mendukung bagi pelaksanaan konsep politik rakyat miskin tersebut. Organisasi politik rakyat miskin ini juga harus dapat menjangkau seluruh sektor, territorial, ras, suku, agama dari seluruh masyarakat Indonesia yang sama-sama tertindas oleh penjajahan modal asing (Imperialisme). Oleh karena itu organisasi politik rakyat miskin ini haruslah didukung oleh seluruh rakyat yang sadar akan penindasan kapitalisme internasional pada hari ini. Agar cita-cita merebut demokrasi dan kesejahteraan yang hari ini di dominasi oleh Imperialisme dan Agen-Agennya dapat menjadi kenyataan sejarah.
Terima kasih.

2 komentar:

SASTRA NANUSA mengatakan...

Woi, aku Andre GB dari Manado.
Punya blog, knp ga di sosialisasikan dng tmn2 yg lain ?
Aku jg punya blog sendiri.
Galery karyaku.
Link juga ya.
Alamatnya di ;
sastra-nanusa.blogspot.com

Salam utk bang Admo dan Gusur
Maju trus. Kita semua tak boleh menyerah

Renegade Eye mengatakan...

Good luck in struggle.

TERBITAN KPRM-PRD